Jumat, 18 September 2015

MENIKMATI KEINDAHAN SI PRIMADONA LOMBOK

Diposting oleh Unknown di Jumat, September 18, 2015




Gili Trawangan. Siapa yang tak mengenal salah satu tempat wisata paling populer yang terletak di Pulau Lombok ini. Yap, sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini dijuluki sebagai primadonanya Lombok. Pulau yang bersebelahan dengan Gili Meno dan Gili Air ini pun sering dibandingkan dengan Bali, akan tetapi pulau ini mempunyai pesona khas yang mampu menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menginjakkkan kakinya di pasir putih pulau ini. Tak heran jika di Gili Trawangan banyak turis yang berasal dari berbagai negara baik Asia, Eropa maupun lainnya. Meskipun Gili Trawangan tak seluas dan seramai Bali, tetapi keindahan yang ditawarkan pulau ini mampu membuat para pelancong jatuh cinta pada pulau ini apalagi pulau ini jauh dari kata polusi sebab di sana tidak diperkenankan untuk menggunakan mobil atau sepeda motor dan hanya diperkenankan untuk mengendarai cidomo atau sepeda kayuh.
Pesona yang dimiliki pulau ini seakan mampu menghipnotis para pelancong yang singgah disana termasuk saya beserta orang tua dan dua saudara saya. Kami memilih Gili Trawangan sebagai tujuan wisata untuk liburan kali ini. Tak hanya disuguhkan dengan keindahan lautan biru yang membentang, hamparan pasir putih, serta pohon cemara yang mengelilingi jalanan yang mampu menyejukkan ditengah teriknya matahari, tetapi di sana juga disuguhkan dengan berbagai macam budaya yang dipertunjukkan oleh masyarakat setempat. Keramahan masyarakat di sana juga menjadi nilai tambah untuk pulau ini. Fasilitas yang disediakan di Gili Trawangan cukup lengkap, mulai dari penginapan berupa losman hingga hotel berbintang, restaurant ataupun cafe yang menawarkan makanan tradisional hingga makanan mancanegara pun mudah untuk dijumpai, alat transportasi seperti sepeda banyak yang disewakan untuk para wisatawan yang ingin mengelilingi Gili Trawangan sembari menikmati keindahan setiap tempat yang ada di sana.
Untuk dapat sampai di Gili Trawangan membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Kota Mataram yaitu satu jam perjalanan darat dan satu jam perjalanan di laut. Saat itu kami memilih untuk naik kapal yang ada di Pelabuhan Bangsal, dengan hanya membayar sebesar sepuluh ribu rupiah. Setiba di sana, kami mencari tempat penginapan dengan harga terjangkau dan kami bersyukur sekali karena berhasil menemukan tempat penginapan yang nyaman dengan harga sesuai yang akan kami tempati selama tiga hari. Hari pertama kami putuskan untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Keesokan harinya, saya dan saudari saya memutuskan untuk berenang menikmati pantai Gili Trawangan. Air pantainya sangat jernih sehingga kami dapat melihat dengan jelas kehidupan bawah laut dimana ada banyak karang yang menghiasi serta ikan berwarna-warni yang berenang disekeliling kami dan makhluk hidup lainnya. Pada saat senja menjelang, kami sekeluarga menikmati keindahan matahari terbenam disalah satu tempat yang disebut Sunset Point. Kemudian pada malam harinya kami menikmati makanan tradisional Lombok yaitu plecing kangkung dan kerupuk opak-opak. Suasana di malam hari sangatlah ramai, jalan-jalan dipenuhi olah para wisatawan yang mencari hiburan malam.
Dihari berikutnya, kami mengunjungi Pasar Seni untuk menyaksikan Presean atau Stick Fighting yang merupakan kesenian bela diri tradisional suku Sasak Lombok. Selain pertunjukan Presean di sana juga ada berbagai macam pertunjukkan kesenian lainnya, ini membuktikan betapa kayanya Indonesia akan seni tradisional yang patut kita banggakan.
Tak terasa liburan kami di Gili Trawangan harus berakhir. Tiga hari yang singkat tetapi penuh dengan pengalaman yang berkesan dan banyak pengetahuan baru yang didapatkan dari perjalanan berlibur kali ini. Semoga masih ada kesempatan di lain waktu untuk menginjakkan kaki kembali di pulau kecil yang penuh pesona ini.


0 komentar:

Posting Komentar

 

SUNFLOWER Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea